Resensi novel Getaran Getaran lengkap | Sinopsis novel getaran getaran

RESENSI NOVEL GETARAN-GETARAN



Judul buku : Getaran Getaran

Pengarang : Haryati soebadio

Penerbit : Djambatan

Tahun terbit : 2001

Tebal buku : 159 Halaman

Sinopsis novel getaran getaran


Getaran getaran merupakan cerita yang mengupas masalah misteriu dalam cerita ini,seorang wanita yang bernama Rani ditinggalkan suaminya secara mendadak. Beberapa orang menganggap rumah tersebut dihuni oleh mahkluk astral yang mengganggu. Konon menurut paranormal arwah istri pertama suami Rani diduga menginggal karna bunuh diri dan arwahnya bergentayangan bahkan diduga suami rani Rani meninggal karna arwah itu.

Hari itu banyak tetangga dating kerumah bu Rani Paj Jul (suami bu Rani ) meniggal dunia karena penyakit jantung namun ada beberapa isu Pak Jul dikabarkan meninggal akibat diganggu arwah Atika istri pertama Pak Jul yang kabarnya ia meniggal karna bunuh diri. Setelah kematian uaminya Bu Rani mewarisi usaha dan harta Pak Jul termasuk rumahnya, Namun Bu Rani segera mungkin menjual rumah tersebut kepada keluarga Kus (sahabat Pak Jul)

Setelah sukses menjual rumah itu, Bu Rani pindah kerumah yang baru tapi bu Kus meminta penjelasan sebab orang asing yang menyewa rumah itu pada Bu Kus tidak tahan lantaran sering diganggu hantu. Sehingga mereka mengadakan pertemuan untuk membahas tentang rumah tersebut, Bu Rani mengatakan tidak pernah diganggu oleh hantu, namun dia pernah merasakan hal-hal berbau mistis. Ia juga pernah melihat pak Jul juga diganggu, menurut pengakuan Pak Kus pak jul terpaksa menikahi Atika karena ia terus-terus mengejarnya. Akibat ketidak sukaannya ia membawa wanita lain kerumah nya sehingga Atika bunuh diri yang membuat arwahnya tidak tenang

Setelah pertemuan itu, Pak Jun member surat wasiat pak Jul yang ditulis oleh tangannya sendiri sebelum meninggal kepada bu Rani. Pak Jul menjelaskan dalam surat itu bahwa dirinya diganggu oleh hantu Atika, keesokan hari Pak Jun dan Astih membicarakan soal Bu Rani yang katanya menikah dengan Pak Jul karna tidak sanggup membayar hutang.

Pak Jul tergila-gila dengan Bu Rani namun Bu Rani tidak, kebenaran itu membuat Asti dan Pak Jun penasaran, dan berencana menanyakannya lansung pada bu Rani.

 

Penilaian Novel getaran getaran


Kelebihan : novel ini ceritanya menarik,kata-katanya mudah dimengerti, dan juga menceritakan hal-hal mistis yang membuat pembacanya tertarik.

Kekurangan : novel ini sudah lama begitu pula ceritanya yang tidak sesuai dengan zaman sekarang, sehingga sulit diterima oleh akal sehat

Amanat yang dapat dipetik dari novel getaran-getaran

sesuatu yang dikerjakan dengan terpaksa itu akan mendatangkan keburukan, dan berakhir dengan kehancuran. Maka kita harus melakuan sesuatu hal dengan hati nurani tanpa paksaan sedikit pun

Comments