Siapa yang mengundang BANJIR datang...?

Siapa yang mengundang banjir untuk datang...? hal ini baru saja terdesis dipikiran saya, karena pada saat menghidupkan televisi saya menonton banyak sekali pemberitaan bahwa sekarang ini sedang banyak terjadi banjir, khusus lagi ternyata banjir itu terjadi didaerah DKI Jakarta, namun pernahkah kamu berfikir siapakah atau apakah penyebab terjadinya banjir tersebut.
Apakah kita harus menyalahkan pemerintag yang dianggap kurang becus atau bahkan menyalahkan hujan. Jika itu yang sedang anda pikirkan sebaiknya anda sebagai warga yang baik lebih berfikir jernih dan lebih jauh lagi.

Pertanyaannya adalah kenapa anda tidak menyalahkan diri anda sendiri. Kenapa saya bilang seperti ini, berikut alasannya.
1. Manusia membuang sampah sembarangan
Tidak dipungkiri lagi jika sekarang ini penyebab utama banjir dikota-kota besar adalah karena aliran air yang tersumbat oleh banyaknya sampah yang bertebaran, baik ditempat umum bahkan orang banyak membuang sampah lansung kesungai atau parit. Bagaimana cara mengatasi hal ini? tentunya dengan membudayakan untuk membuang sampah pada tempatnya, sama seperti masyarakat Jerman, " Bagi mereka haram untuk membuang sampah sembarangan walaupun itu hanya bungus permen "

2. Penimbunan dan penyempitan sungai
Hal ini sangat banyak sekali terjadi dikota besar, yaitu penyempitan sungai. Sehingga air yang lewatpun sudah tidak akan lancar lagi. Yang tentunya akan membuat air meluap keatas dan meyebabkan banjir. Namun kekwatiran tersebut sudah mulai mereda di Kawasan DKI Jakarta, karena program penggusuran yang dijalankan oleh gubernur DKI Ahok memang sudah terbukti cukup ampuh untuk mereda banjir

3. Beton
Anda pasti pernah belajar di SMP atau di SMA bahwa air hujan akan mengalir kesungai dan selanjutnya akan kembali ke lautan. Namun air hujan yang turun didaratan akan meyerap kedalam tanah, tapi dikota-kota besar sudah jarang sekali ditemukan lahan tumbuhan hijau yang banyak ditemukan hanyalah Beton yang tebal, lalu dari manakah air akan masuk kedalam tanah? Sehingga air yang turunpun hanya akan tergenang memenuhi kota

Dari pernyataan diatas, didapatkan kesimpulan bahwa masalah banjir bukanlah masalah pemerintah semata, melainkan juga masalah bersama yang tentunya kita semua harus ikut andil dalam pencegahannya. Jadi mulailah sadari diri anda sendiri " Untuk apa menyalahkan orang lain...?".
Demikianlah artikel pembahasan tentang Siapakah yang mengundang banjir, dan semoga anda mengerti akan maksud dan tujuan dari kalimat yang saya berikan. Jangan lupa SHARE artikel ini agar lebig banyak lagi orang yang sadar...!

Comments